MENINJAU KRISTOLOGI SAKSI YEHUWA TENTANG YESUS SEBAGAI YANG SULUNG DALAM KOLOSE 1:15

  • yublianamalo Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Purwokerto
  • dwiyono Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Purwokerto
Keywords: Kata Kunci: Meninjau- Kristologi- Saksi Yehuwa- Mengenai Yesus Sebagai Yang Sulung- Kolose 1:15

Abstract

Abstract

 

Permasalahan dalam tulisan ini terletak pada isu Kristologi Saksi Yehuwa tentang Yesus sebagai yang sulung dalam Kolose 1:15, khususnya tentang Pribadi Yesus yang dipandang sebagai ciptaan Allah. Munculnya paham Saksi Yehuwa mengenai Yesus Kristus adalah ciptaan memiliki keterkaitan dengan doktrin yang dibangun oleh Arius. Menurut Arius hanya Sang Bapa saja yang tidak memiliki permulaan atau dengan kata lain hanya Bapa saja yang bersifat kekal, sedangkan pribadi kedua yaitu Anak (Yesus Kristus) adalah hasil produk dari Sang Bapa pada “masa precreated” (pra-ciptaan), dan kepada-Nya diberikan bagian sifat-sifat ilahi sebagai sebuah anugrah saja. Dengan demikian, Arius sebenarnya menolak kekekalan esensi Anak dan hanya melihatNya sebagai “yang besar” dari ciptaan-ciptaan Bapa  yang lain. Doktrin ini yang dipelihara dan dikembangkan oleh Saksi Yehuwa. Bagi Saksi Yehuwa, Yesus tidak mungkin disebut sebagai pencipta karena hanya Yehuwa saja yang layak menyandang sebutan tersebut karena Yesus adalah ciptaan Allah yang petama atau sulung dalam Kolose 1:15. Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui ajaran Saksi Yehuwa tentang Yesus Kristus berdasarkan Kolose 1:15 dan untuk mengetahui makna yang sesunggunya karena Saksi Yehuwa mengajarkan Kristologi yang ekstrem. Maka tulisan ini menggunakan pendekatan penelitian pustaka bersifat eksegesa Kolose 1:15. Tulisan ini akan meninjau Kristologi Saksi Yehuwa berdasarkan eksegesa kolose 1:15. Hasilnya, bahwa penggunaan dalam Kolose 1:15 berbicara tentang Yesus sebagai yang sulung dari ciptaan ini adalah sebuah kata kiasan. Rasul Pulus dalam Kolose 1:15 menempatkan Kristus sebagai pusat dari penciptaan dan menegaskan keunggulan-Nya atas ciptaan

                                                                                                              

 

Kata Kunci: Meninjau- Kristologi- Saksi Yehuwa- Mengenai Yesus Sebagai Yang Sulung- Kolose 1:15

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Evans Craig, Merekaya Yesus. Yokyakarta: ANDI, 2007

Apa Yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan. Jakarta: Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia, 2013

Jehovah’s Withnesses In The 20th Century. Booklyn, New York: Wcthtower Bible and Tract Society, Internasional Bible Students Association, 1978.

Grinnell Richard, Social Work Research and Evaluation.Itasca: F.E. Publishers, Inc, 1993

N N, “Mengapa Yesus Disebut Putra Allah?,” www.jw.org, Saksi-Saksi Yehuwa, 2013 https://www.jw.org/id/perpustakaan/majalah/wp2913030/yesus-putra-allah/

Alfred Soru Esra, Tritunggal yang Kudus. Bandung: Lembaga Literatur Babtis, 2002

Hrefa Julianus. Kristologi Saksi-Saksi Yehuwa 2020.

Manurung Pangeran , “ Studi Yohanes 1:1-18 Sebagai Apologetik Kristologi Saksi Yehuwa,”Jurnal Keruso 1 no 2 (6 maret 2016) https//doi.org/10.33856/kerusso.v1i2.49

N N, “Apa Maksudnya Yesus adalah Putra Allah?,” www.jw.org, Saksi-Saksi Yehuwa,2021, https://www.jw.id/ajaran-alkitab/pertanyaan/yesus-adalah-putra-allah/.

Watch Tower Bible/ Brosur Saksi Yehuwa, Apa Yang Allah Tuntut Dari Kita. New York: International Bible Students Association, 1996

Watchtower, Resurrection to A New Wold. New York: International Bible Students Association, 1947
Watch Tower Bible, What Has Religion Done For Mankind . New York: International Bible Students Association, 1951.

Situs Resmi Saksi Yehuwa, ht://www.jw.org/id/publikas/majalah/wp2011o401/yesus-bagaimana-ia-hidup

Herliato, Saksi-Saksi Yehuwa. Bandung:Yayasan Kalam Hidup, 2004.
.
Siswa-Siswa Alkitab, Karena Allah Itu Benar Adaanya, 35

Situs Resmi Saksi Yehuwa, www.watchtower.org. Pannsylvania: Watch Tower Bible and Tract Sociaty, diterbitkan pada tanggal 15 Februari 2006.

Noorsena Bambang, Haruskah Anda Percaya kepada Saksi-Saksi Yehuwa.

Watchtower, Reasoning From the Scriptures (Brooklyn, New York: International Bible Students Assoation.

Quick Kevin R. Menyibak Tirai Yehuwa. Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2002.
Situs Resmi Saksi Yehuwa, Watchtower.Org. Pennsylvania: Watch Tower Bible and Tract Society, diterbitkan pada tanggal 15 september 2005

. Rutherford, J. F. The Harp Of Gad (Diterjemahkan oleh LLB)

Watch Tower Bible, Kita-kitab Yunani Kristen Terjemahan Dunia Baru (New York: International Bible Students Association, 1994


Situs Resmi Saksi Yehuwa, www.watchtower.org, Pennsylvania: Watchtower Tower Bible and Tract Society, diterbitkan pada tgl 15 September 2005.

An Expsitory Dictionary of Old Tastamen words diterbitkan di Inggris oleh Marshall, Morgan dan Scoott, Publication, Ltd.

Marshall, Paulus Terbelenggu, Injil Tak Terbelenggu: Surat-Surat dari Penjara. Kolose, Efesus, Filemon dan kemudian Filipi, Lol. 8, East Texa Baptis Unviersity: 1997

Bob Utley, Ketuhanan Yesus yang bersifat kosmik (atau dengan kata lain, Yesus sebagai pencipta, penebus dan Tuhan atas sumua ciptaan dan implikasinya untuk kehidupan Kristen) adalah tema sentralnya (lih. 1:15-17). Kristologi dari buku ini tidak bertanding.

Barclay William. Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Surat Filipi,Kolose, 1 dan 2 Tesalonika. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Keener, Craig S. The Bible Backgroud Commentary: New Testament. IIIingonis: An Imprint of InterVarsity Press, 1993.
Dalam Perjanjian Lama, gelar ini menyatakan status, itu muncul dalam Mazmur 89:27 sebagai gelar kedaulatan: Aku juga akan mengangkatnya sebagai anak sulungku, raja yang paling agung di bumi. Allah menganugrahkan gelar ini kepada Israel karena pemilihan ilahinya (Kel. 4:22; Yes 64:8; Yer 31:9; Mazmur Salomo 18:4. Ezra 6:58). Metafora, oleh karena itu, membedakan Kristus dari semua hal yang diciptakan seperti sebelumnya dalam waktu dan berbagai yang tertinggi. Paulus menegaskan keunggulan Kristus atas ciptaan dan bukan hanya dalam ciptaan. Lih. David E. Garland, The NIV Aplication Commtary: Colossians/Philemon (Michigan: Zondervan Grand Rapids, 1998), 87.

House, H. Wayne, Charts of Cults, Sects and Religius Movements. Malang: Gandum Mas, 2006.

Guthrie, Donald. New Tastement Introduction: Pengantar Perjanjian Baru Volume 2, 404.

Leon Morris. Teologi Perjanjian Baru. Malang, Jawa Timur: Gandum Mas, 1996.
.
Deky Nofa Aliyanto “Tanggapan terhadap Kristologi Saski Yehuwa Kristus aadalah Ciptaan Yang Pertama berdasarkan berdasarkan Kolose 1:15,” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Pratika 2, no 2 9 2019

Apa yang Alkitab Ajarkan. Jakarta: Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia, 2013.

Barclay William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Surat Filipi,Kolose, 1 dan 2 Tesalonika. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

An Expsitory Dictionary of Old Tastamen words diterbitkan di Inggris oleh Marshall, Morgan dan Scoott, Publication, Ltd.

Bob Utley, Ketuhanan Yesus yang bersifat kosmik (atau dengan kata lain, Yesus sebagai pencipta, penebus dan Tuhan atas sumua ciptaan dan implikasinya untuk kehidupan Kristen) adalah tema sentralnya (lih. 1:15-17). Kristologi dari buku ini tidak bertanding.

H. Wayne House, Charts of Cults, Sects and Religius Movements. Malang: Gandum Mas, 2006.

Donald Guthrie, New Tastement Introduction: Pengantar Perjanjian Baru Volume 2, 404
.
William Barclay, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Surat Filipi, Kolose dan 1 dan 2 Tesalonika. Jakarta: BPK Gunung Mulu, 1999

Morris, Leon Morris. Teologi Perjanjian Baru. Malang, Jawa Timur: Gandum Mas, 1996
.
Deky Nofa Aliyanto “Tanggapan terhadap Kristologi Saski Yehuwa Kristus aadalah Ciptaan Yang Pertama berdasarkan berdasarkan Kolose 1:15,” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Pratika 2, no 2 9. 2019

Keener, Craig S. Keener, The Bible Backgroud Commentary: New Testament . IIIingonis: An Imprint of InterVarsity Press, 1993

Eric R. Montgomery, The Image of God as the Resurrected State in Pauline Thught, ETS Southwest Regional Conference, New Orleans Baptis Theological Seminary March 11, 2005.

Halim Wiryadinata, ”An Understanding the Pauline Christology Significance of Firstborn (Prototokos) In The Light of Paschal Thelogy: Critical Evaluation on Colossian 1:15-20,” Kurrios 4, no 1 (11 April 2018): 14, https://doi.org/10.30995/kur.v4i1.33.
Published
2022-11-25