Peranan Guru PAK Terhadap Persepsi Pelajar Membaca Alkitab

  • Mindo J. Pangaribuan
Keywords: Peranan Guru PAK, Pandangan Pelajar, Membaca Alkitab

Abstract

Hal yang penting bagi orang Kristen bukan hanya berdoa, beribadah, dan bekerja saja, melainkan membaca Alkitab juga. Namun membaca Alkitab sering tidak dianggap terlalu penting, melainkan anggapan berdoa dan beribadah saja sudah cukup membuktikan sebagai orang Kristen. Sekolah Kristen sebagai salah satu lembaga keagamaan harus memperhatikan hal tersebut. Dan jika diperhatikan tingkat pelajar rajin ke sekolah lebih tinggi dibandingkan rajin ke gereja, untuk itu sekolah harus melihat peluang itu. Guru hendaknya memberikan kesempatan bagi pelajar untuk bersaksi baik secara lisan maupun tulisan agar pelajar menyadari buah dari pembacaan Alkitab setiap hari. Mungkin awalnya pelajar akan kesulitan karena tidak biasa bersaksi, ataupun kesaksiannya tidak sengaja sama, seperti sembuh dari penyakit namun seiring waktu, pelajar akan lebih peka lagi menyadari banyak kebaikan Tuhan yang dapat disaksikan kepada orang.  

References

Andar Ismail.Ajarlah mereka melakukan : kumpulan karangan seputas pendidikan agama Kristen ( Jakarta : BPK GUNUNG MULIA, 2003), 101.
Ahmad Izzan., dkk, Membangun Guru Berkarakter (Bandung: Humaniora, 2012), 60.
Frances Blankenbaker, IntiAlkitabuntuk Para Pemula, terj.Ny. D. Susilaradeya (Jakarta : BPK GunungMulia, 2004),318.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Kualitatif dan Kuantitatif (Jakarta: Gunug Persada Press, 2009), 176.
Nico Ter Linden.Ceritaituberlanjut…1 :carabarumembacaKitabTaurat, terj.Tati S. L. Tobing-Kartohadiprojo (Jakarta: BPK GunungMulia, 2008), 275.
Sugiono, Metodologi Penelitian Administrasi (Bandung: Alfabeta, 2005),1.
Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: Grasindo,2008), 28.
Paulus Winarto, The Power of Hope : Menaklukkan Ombak Kehidupan (Jakarta: Gramedia, 2007), 170.
Yusuf Eko Basuki, Pertumbuhan Iman yang Sempurna (Yogyakarta:Garudhawaca, 2014), 119.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2006), 21.
https://books.google.co.id/books?id=NhpMDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=membangun+guru+berkarakter&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiwNzB9pbcAhXV7GEKHYtyA6gQuwUIJzAA#v=onepage&q=membangun%20guru%20berkarakter&f=false (diakses 11 Juli 2018).
Ul.8:3; Mat.4:4; Luk.4:4; Yoh. 5:58 (TB-LAI).
Published
2022-08-03