Kepribadian Guru PAK Terhadap Perkembangan Moral Siswa

  • PARULIAN SIAGIAN Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran
Keywords: Kepribadian Guru, Perkembangan Moral Siswa

Abstract

Kepribadian Guru PAK sangat berpengaruh besar pada perkembangan moral siswanya.  Sekalipun guru memiliki kepribadian yang baik tetapi jika tidak diimplementasikan maka tidak akan memberi pengaruh kepada kehidupan siswanya. Dengan melalui Kepribadian Guru PAK maka siswa akan memiliki moral yang baik dan benar. Siswa akan memiliki prilaku, tutur kata yang baik dan juga disertai kehidupan rohani yang meningkat, maka akan memiliki perkembangan moral yang baik dari kehidupan setiap siswa

References

Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan Dewasa Muda, ( Jakarta:Grasindo, 2012 ), 109.
Aning Nafiah, Tips Berfikir Positif. (Yogyakarta : Mutiara Medika, 2009), 80
Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat, (Depok: Lembaga Penerbit FE UI, 2008), 20-31
Bertens, Etika, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000), 76
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, 258
Gorys Keraf, Diksi dan Bahasa, ( Jakarta;Gramedia Pustaka Utama.2000 ), 14.
J.Palmer, Keberanian mengajar, ( JakartaI;Indeks, 2009), 20.
Johanes w. hasugian, Menjadi Guru PAK Profesional, ( Medan;Penerbit Mitra 2014 ), 39.
Nanang ajim, Sikap terpuji seorang pelajar, http://www.mikirbae.com/2015/04/sikap-terpuji-seorang-pelajar.html. pada tanggal 9 oktober 2016 pukul 19.12.
Rahmadhani, Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia, (Bandung. Kaifa 2008 ), 7.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung:Alfabeta, 2010), 57.
Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, ( Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 32
Santrock, John.W. 2007 Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga
Weller, B. F., Kamus Saku Perawat (ed. 22).(Jakarta: EGC, 2005,), 59.
Zakky Dkk, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi, Buku Ajar II, Manusia, Tim
Published
2022-08-03