Formulasi Teologi Integratif sebagai Fondasi Konseptual bagi Pendidikan Kristen dalam Menjawab Tantangan Zaman

Authors

  • Perlin Zebua Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran

Keywords:

teologi integratif, pendidikan Kristen, tantangan zaman, fondasi konseptual, transformasi iman

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk merumuskan formulasi teologi integratif sebagai fondasi konseptual bagi pendidikan Kristen dalam menjawab tantangan zaman. Fokus kajian diarahkan pada bagaimana teologi dapat diintegrasikan secara komprehensif ke dalam ranah pendidikan sehingga mampu memberi kontribusi nyata dalam pembentukan iman, karakter, dan respons kritis terhadap dinamika sosial, budaya, serta perkembangan digital yang dihadapi generasi masa kini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan analisis literatur teologis dan pendidikan, serta refleksi hermeneutis terhadap teks Kitab Suci. Pendekatan ini dipilih untuk mengkaji secara mendalam keterkaitan antara dimensi biblis, historis, filosofis, dan praksis dalam pendidikan Kristen. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan fondasi konseptual yang jelas bagi pendidikan Kristen agar tetap relevan, kontekstual, dan berakar kuat pada otoritas firman Tuhan. Dengan demikian, pendidikan Kristen diharapkan mampu menjadi wadah transformasi yang bukan hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter dan spiritualitas yang tahan terhadap pengaruh sekularisasi maupun relativisme. Hasil kajian menunjukkan bahwa formulasi teologi integratif mampu menghubungkan iman Kristen dengan kebutuhan nyata pendidikan modern. Teologi integratif tidak hanya berfungsi sebagai doktrin normatif, melainkan juga sebagai kerangka konseptual yang menyatukan kebenaran Alkitab dengan praktik pengajaran yang relevan. Hal ini membuka jalan bagi pengembangan kurikulum yang kontekstual, strategi pembelajaran yang kreatif, serta pendekatan pendidikan yang lebih aplikatif dalam menjawab tantangan global. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa formulasi teologi integratif dapat menjadi dasar yang kokoh bagi pendidikan Kristen untuk menghadirkan sintesis konseptual antara iman dan ilmu, serta antara firman Tuhan dan konteks zaman. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menurunkan konsep ini ke dalam model pembelajaran praktis yang sesuai dengan kebutuhan gereja dan lembaga pendidikan Kristen di tingkat lokal.

References

Ay, Elis Louisa, Vanny Paulina Chriswardana, and Evanna Rustanti Waya. “Integrasi Antara Iman Dan Ilmu Pendidikan Dalam Era Globalisasi.” TZEDAQA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2025): 53–62.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Phronesis Jurnal Teologi Dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46.

Bulan, Susanti Embong. “Mengintegrasikan Iman Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Kristen.” RERUM: Journal of Biblical Practice 4, no. 2 (2023): 156–75. https://doi.org/10.55076/rerum.v4i2.342.

Dkk., Marindy Shani Kala’. “Integrasi Pendidikan Kristen Dan Teologi Untuk Membangun Generasi Beriman Di Era Digital” 3, no. 2 (2021): 167–86.

Gulo, Rezeki Putra, and Nikarni Zai. “Eksplorasi Teologi Interkoneksi : Mengintegrasikan Iman Dan Ilmu Pengetahuan Dalam Diskursus Kristen Kontemporer.” Jurnal Abdiel : Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 9, no. 1 (2025): 27–44. https://doi.org/10.37368/ja.v.

Hendrik Legi; Devarsh Gevariel Dean Legi; Binur Panjaitan; “Kingdom Mindset: Manajemen Pendidikan Kristen Berbasis Nilai-Nilai Kerajaan Allah,” 7. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2025.

Iman, Integrasi, and D A N Pembelajaran. “Kerangka Berpikir Alkitabiah Bagi Pendidik” 6, no. 1 (2022): 29–39.

Kia;, A Dan Gilbert Timothy Majesty. “Buku Konstruksi Pendidikan Agama Kristen Di EEra Disrupsi,” 56. Jawa Barat: Widina Media Utama, 2025.

Kristen, Kepemimpinan, D A N Krisis, Ruben Yonathan, Andreas L Rantetampang, and Frans Pantan. “Kepemimpinan Kristen Dan Krisis Kebenaran: Analisis Kompetensi Dan Pendekatan Inovatif Di Era Post-Truth.” Matheo: Jurnal Teologi 12, no. 2 (2022): 177–90.

Made Nopen Supriadi, and Yohanes Dian Alpasa. “Pentingnya Pengajaran Yang Benar Bagi Generasi Z: Sebuah Kajian Integrasi Teologi Dan Media Sosial.” Phronesis:Jurnal Teologi Dan MIsi 5, no. 1 (2022): 42.

Nelly, Nelly, Edy Siswoko, and Sara Wahyuni. “Integrating the Gap Between Faith Education and Christian Learning in the Indonesian Context with a Christian Worldview.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 8, no. 2 (2024): 169–82. https://doi.org/10.46445/ejti.v8i2.844.

Novalia, Lisna. “Integrasi Konteks Pendidikan Agama Kristen Kedalam Pelaksanaan Pembelajaran.” Phronesis Jurnal Teologi Dan Misi 3, no. 1 (2020): 104–17. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.53.

Ondang, Anastasia Gabrielle, and Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi. “Pendidikan Kristen Berbasis Alkitabiah: Membangun Fondasi Iman Dan Spiritualitas Terhadap Generasi Era Digital.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 6, no. 2 (2024): 210–19. https://doi.org/10.59177/veritas.v6i2.281.

Ritonga, Nova. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 21–40. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1766.

Sugito. “Veritas Lux Mea.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 7, no. 1 (2025): 1–15.

Tanasyah, Yusak, and Bobby Kurnia Putrawan. “Integrasi Iman Dan Pembelajaran: Membentuk Kerangka Berpikir Alkitabiah Bagi Pendidik Kristiani.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 6, no. 1 (2022): 29–39. https://doi.org/10.51730/ed.v6i1.94.

Waruwu, Yamotani, Shindi Shindi, and Gregoria Silvestra Tfukani. “Transformasi Kurikulum Teologi Pendidikan Agama Kristen: Integrasi Isu Sosial Kontemporer Dan Nilai-Nilai Kekristenan.” Inculco Journal of Christian Education 5, no. 1 (2025): 17–30. https://doi.org/10.59404/ijce.v5i1.228.

Wijaya, Yulius, and Giarti Nugraeni. “Menyusun Teologi Injili Yang Relevan Dalam Era Masyarakat Digital Dan Postmodernisme.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 6, no. 1 (2024): 140–48. https://doi.org/10.59177/veritas.v6i1.273.

Yuliana, Dewi, and Rezeki Putra Gulo. “Evolusi Metode Pengajaran Pendidikan Agama Kristen.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 6, no. 2 (2024): 167–81. https://doi.org/10.35909/visiodei.v6i2.532.

Yurlina Ndruru, Andreas Teko, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Teologi Pendidikan Agama Kristen: Fondasi Dan Implikasi Untuk Pendidikan Modern.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 2, no. 2 (2024): 167–76. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i2.270.

Downloads

Published

2025-03-01