Teologi Injili dan Pendidikan Agama Kristen: Menilai Efektivitas Pendekatan Evangelikal dalam Pembelajaran

Authors

  • Mindo Judica Pangaribuan Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran
  • Anton Samsi Purba Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran
  • Sintaria Purba Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran

Keywords:

Injili, Pendidikan Agama Kristen, Pembelajaran

Abstract

Pembahasan ini mengeksplorasi prinsip teologi Injili dalam Pendidikan Agama Kristen dengan fokus pada otoritas Alkitab, pengalaman pribadi dengan Kristus, dan mandat penginjilan. Pendekatan evangelikal bertujuan membentuk karakter Kristiani yang kokoh dan menjadikan siswa saksi Kristus yang efektif. Keunggulannya terletak pada keseimbangan antara pemahaman teologis dan praktik iman, sementara tantangannya meliputi inklusivitas dan keragaman sosial. Strategi untuk meningkatkan efektivitas termasuk mengembangkan kurikulum fleksibel, kontekstualisasi ajaran Injil, dan evaluasi komprehensif. Pendekatan ini memiliki potensi membentuk individu yang menghidupi ajaran Kristus dan berkontribusi sebagai agen perubahan dalam masyarakat.

References

D. REFERENSI

Simatupang, Hasudungan. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2020

Lepa, Royke. Paradigma Spiritualitas Kristen di Era 5.0. Yogyakarta: ANDI, 2022

Simanjuntak, Junihot M. Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR, 2023

Brek, Yohan. Pendidikan Agama Kristen Sebagai Misi Gereja. Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera, 2022

Halim, Makmur. Model-model Penginjilan Yesus. Malang: Gandum Mas, 2018

Downloads

Published

2025-03-01