Pendidikan Agama Kristen dan Teologi Sosial: Membangun Kesadaran Sosial dan Keadilan di Kalangan Siswa
Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Teologi Sosial, Kesadaran Sosial, Keadilan, KurikulumAbstract
Pendidikan agama Kristen yang mengintegrasikan prinsip teologi sosial memiliki dampak besar dalam membentuk karakter sosial siswa dan dampaknya terhadap komunitas. Penelitian ini mengkaji penerapan nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kepedulian sosial, tanggung jawab sosial, dan keterlibatan komunitas dalam kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Keadilan, sebagai nilai inti, mencerminkan sifat Allah yang adil, mempengaruhi interaksi dan keputusan siswa. Kesetaraan dan kepedulian sosial mendorong siswa untuk menghargai martabat individu dan aktif dalam kegiatan pelayanan masyarakat. Tanggung jawab sosial menunjukkan panggilan umat Kristen untuk berkontribusi pada kesejahteraan bersama. Implementasi teologi sosial dalam kurikulum meliputi pengajaran tentang keadilan sosial dan pelayanan, mendorong siswa menjadi agen perubahan. Pendidikan ini mendorong penerapan nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membentuk individu yang taat secara spiritual dan berkomitmen menciptakan masyarakat yang lebih adil dan penuh kasih.
References
NST, H. Elfrianto. Manajemen Kinerja Guru dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Medan: UMSU Press, 2024
Ray, David R. Gereja Yang Hidup. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009
Sihotang, Din Oloan. Harmoni Moderasi Beragama. NTB: PGI, 2024
Thompson, J. Milburn. Keadilan dan Perdamaian. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009
Zandroto, Iman Jaya. Prinsip-Prinsip Pelayanan Yesus Dalam Menghadapi Diskriminasi Menurut Injil Matius. Bandung: LPPM STT Bandung, 2022
Sidjabat, BS. Membangun Pribadi Unggul. Yogyakarta: ANDI, 2024