Dinamika Pendidikan Agama Kristen dalam Konteks Multikultural: Tantangan dan Strategi Pengajaran

  • Mindo Judica Pangaribuan STT Pelita Kebenaran
  • Shinta Dharma Hardi STT Pelita Kebenaran
  • Sintaria Purba STT Pelita Kebenaran
Keywords: Pendidikan Agama Kristen, Multikulturalisme, Tantangan Pengajaran, Strategi Pendidikan, Inklusi

Abstract

Pendidikan Agama Kristen dalam konteks multikultural menghadapi tantangan untuk tetap relevan dan inklusif. Keberagaman budaya dan keyakinan di antara siswa mengharuskan pengajaran yang sensitif, menjembatani perbedaan tanpa mengorbankan ajaran Kristen. Artikel ini membahas tantangan dalam pendidikan Agama Kristen di lingkungan multikultural, seperti pengembangan metode pengajaran dialogis dan penyesuaian materi ajar dengan konteks budaya. Selain itu, pentingnya mendukung identitas siswa dalam mengintegrasikan iman dengan budaya juga ditekankan. Strategi pengajaran efektif, seperti kontekstualisasi, pembelajaran dialogis, dan teknologi, dieksplorasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Dengan pendekatan ini, pendidikan Agama Kristen dapat membangun karakter siswa dan mempromosikan kesatuan dalam keberagaman.

References

Agustin, Nella. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press, 2021
Dewantara, Hendrik. Membangun Masa Depan Pendidikan. Jakarta: PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa, 2024
Mardizal, Jonni. Sosiologi Pendidikan. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia, 2023
Owon, Robertus Adi Sarjono. Pengantar Ilmu Pendidikan Teori dan Inovasi Peningkatan SDM. Bandung: Widina Media Utama, 2024
Simanjuntak, Michael. Peta Distribusi Mata Kuliah. Jakarta: CV. Green Publisher Indonesia, 2023
Wahyuni, Sri. Peran Guru. Bojong Pekalongan: NEM, 2021
Published
2024-09-26