Gereja dan Diakonia

  • JONTHA FRESHLY SEMBIRING Sekolah Tinggi Teologi Pelita Kebenaran
Keywords: melayani, pelayanan

Abstract

Salah satu dari tri tugas gereja adalah diakonia (selebihnya marturia dan koinonia). Secara singkat, diakonia dapat berarti melayani. Tentu tidaklah sulit bagi orang Kristen menemukan atau mendengar kata melayani atau pelayanan. Tanya saja kepada pendeta yang akan bertugas berkhotbah pada hari Minggu – kalau tidak salah – beliau akan menjawab “pelayanan”. Atau kepada mahasiswa teologi yang diberikan tugas pada kebaktian kampus-kalau tidak salah juga-baliau akan menjawab “melayani”.

Namun perlu dipahami bahwa bergereja dan berdiakonia bukanlah semudah yang terucapkan dengan kata-kata. Lebih dari itu, bergereja dan berdiakonia memiliki makna yang dalam dan cukup menantang untuk dilakukan orang-orang Kristen. Dalam perspektif Perjanjian Baru, diakonia mendapat posisi penting sampai-sampai orang yang melaksanakan diakonia tersebut pun harus dipilih dan tugasnya pun diberikan khusus. Selain itu, masalah yang timbul juga adalah, mengapa ada beberapa Gereja yang tidak mempunyai diaken untuk mengerjakan tugas diakonia Gereja itu sendiri atau tugas itu dilimpahkan kepada para Penatua atau pendeta sendiri. Syarat-syarat untuk menjadi diaken (orang yang mengerjakan diakonia/ pelaku diakonia) harus ditetapkan (lih. Kis. 6:1-7). Berikut ini kami akan paparkan apakah diakonia itu serta keberadaannya dalam gereja sampai saat ini.

References

. Noordegraaf, Orientasi Diakonia Gereja, Jakarta: BPK-GM, 2004.

. S. Mardiatmadja, Ekklesiologi Makna dan Sejarahnya, Jogjakarta: Kanisius, 1991.

Darwin Lumban Tobing, Teologi di Pasar Bebas, Pematang Siantar: L-SAPA, 2007.

G. Riemer, Jemaat Yang Diakonal, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/ OMF, 2004.

Josef P. Widyatmaja, Yesus dan Wong Cilik, Jakarta: BPK-GM, 2010.

Novembri Choeldahono, “Gereja, Lembaga Pelayanan Kristen dan Diakonia Transformatif” dalam Agama Dalam Praksis, Th. Kobong (Ed.), Jakarta: BPK-GM, 2003.
Serepina Sitanggang, Membangun Gereja yang Diakonal, Suatu Pengantar kepada Pemahaman Alkitabiah tentang Diakonia, Pematang Siantar: Percetakan HKBP, 2004.

W.S. Lassor, Pengantar Perjanjian Lama 1, Jakarta: BPK-GM, 2001.
Published
2020-03-03