Pemahaman Jemaat tentang Perjamuan Kudus

Hasil Penelitian terhadap Pemahaman Jemaat GBI Medan Plaza tentang Perjamuan Kudus

  • Janty Lim STT Pelita Kebenaran
Keywords: Pemahaman Jemaat, Perjamuan Kudus, Ungkapan Syukur, Memahami Arti

Abstract

Kurangnya pemahaman dan pengenalan akan konsep yang benar tentang Perjamuan Kudus menimbulkan sikap yang tidak benar di antara jemaat dalam pengambilan Perjamuan Kudus sehingga dapat mengakibatkan tidak adanya berkat, melainkan mendatangkan hukuman pada orang yang bersangkutan. Penelitian terhadap kondisi pemahaman jemaat di Keluarga Besar GBI Medan Plaza dilakukan pada bulan akhir tahun 2011 dan awal tahun 2012 di beberapa ibadah dengan teknik simple random sampling dan alat pengumpulan data dengan angket dengan tujuan untuk mengetahui: (a) kecenderungan jemaat dalam hal pemahaman tentang Perjamuan Kudus dan (b) indikator yang paling dominan menentukan meningkatnya permahaman jemaat GBI Medan Plaza tentang Perjamuan Kudus. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kecenderungan jemaat memahami dengan sempurna makna Perjamuan Kudus secara signifikan pada α<0,05. Aspek yang dominan dalam membentuk pemahaman jemaat tentang Perjamuan Kudus adalah Memahami bahwa Perjamuan Kudus adalah sebagai Ungkapan Syukur atas Karya Keselamatan Allah, yang berkontribusi terhadap pemahaman jemaat sebesar 8.0973 kali jika diterapkan.

References

Arrington, French L. Christian Doctrine: A Pentecostal Perspective Volume III. Cleveland: Pathway, 1992.

GBI, Badan Pekerja Sinode. Tata Gereja Gereja Bethel Indonesia. Jakarta: Yayasan Bethel, 2008.

GBI, Departemen Theologia Badan Pekerja Harian. Pengajaran Dasar Gereja Bethel Indonesia. Jakarta: Yayasan Bethel, 2010.

Sasmoko. Metode Penelitian Eksplanatori dan Konfirmatori (Neuroresearch). Jakarta: Media Plus, 2011.

Turabian, Kate L. A Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertations: Chicago Style for Students and Researchers, 7 ed. Chicago: The University of Chicago Press, 2007.
Published
2022-08-03