EFEKTIFITAS PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0

  • Krista Sinta Dewi Simamora STT Binneka Pematang Siantar
Keywords: efektifitas, pengajaran Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Untuk bisa memikirkan Pendidikan Agama Kristen dan Praktik pendidikan Agama Kristen secara bertanggungjawab dari sudut pandang teologi.Orang Kristen dan secara khusus para pendidik Agama Kristen, harus dengan hati-hati memeriksa fondasi alkitabiah yang mendasari praktik Pendidikan Agama Kristen tersebut secara khusus di era revolusi industri 4.0 ini.Kitab suci adalah sumber yang esensial untuk dapat mengerti keunikan Kristen dalam pendidikan.Oleh karena itu, seluruh pemikiran dan praktik para pengajar atau pendidik harus dipimpin oleh kebenaran penyataan Allah ketika mereka berusaha taat kepada Kristus dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik atau pengajar.

Para pendidik berada dalam kebingungan di dalam menghadapi keragaman teori pendidikan dalam masyarakat kontemporer. Integrasi dari sebuah pengajaran sangat diperlukan guna untuk mencapai sebuah tujuan yang dialami pada saat ini. Era Revolusi industri 4.0 bukan lagi hal yang harus dihindari akan tetapi sesuatu yang harus di lakukan guna untuk peningkatan kualitas di dalam proses pengajaran yang semakin maju di dalam sebuah lembaga atau institusi pendidikan.

Dalam situasi seperti ini, eksplorasi terhadap fondasi alkitabiah akan menjadi standar penting untuk menilai praktik pendidikan tersebut. Penyelidikan seperti ini tidak akan menghasilkan sebuah teori dan praktik pendidikan yang steril atau kaku, yang tanpa ruang bagi kreativitas dan efektifitas. Sebaliknya, pengajaran Pendidikan Agama Kristen yang dibangun di atas pola yang berdasar pada Alkitab justru akan memberikan pengalaman edukasional yang dinamis dan beragam.

Alkitab mengungkapkan bahwa manusia adalah ciptaan Allah yang harus memuliakan Allah, sehingga pendidikan tidak hanya berbicara tentang ilmu pengetahuan dan kemantapan dalam berteknologi akan tetapi juga moralitas dan integritas hidup yang sesuai dengan panggilan dan tuntutan moralitas Allah.

References

Andar Ismail, Ajarlah Mereka Melakukan, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010

B.S Sidjabat, Menjadi Guru Profesional (Sebuah Perspektif Kristiani), Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1994

B.S Sidjabat, Mengajar Secara Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup,

Brueggemann, Creative Word, 13, 108, dia menggunakan Yeremia 18:18 sebagai ayat kunci untuk analisis kanon Perjanjian Lamanya.

Dien Sumiyatiningsih D, Mengajar Dengan Kreatif dan Menarik, Yogyakarta: Andi, 2006

I.H. Enklaar dan E.G Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia

J.M. Nainggolan, Strategi Pendidikan Agama Kristen, Jabar: Generasi Info Media, 2008

John H. Westerhoff III, Will Our Children Have Faith? New York: Seabury, 1976
Lidya Yulianti, Profesionalisme, Standar Kompetensi, dan Pengembangan Profesi Guru PAK, Bandung: Bina Media Informasi, 2009
Robert W, Pazmino, Fondasi Pendidikan Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002,

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991

http://www.sarapanpagi.org/ajar-mengajar-pengajaran-doktrin-pengajar-vt7701.html#p43509
https://www.jagoanhosting.com/blog/era-revolusi-industri-4-0/
Published
2022-07-08